ISKANDARIA KOTA EKSOTIK MEDITERANIA

Iskandaria atau Alexandria (dalam sebutan barat) adalah kota besar kedua di Mesir. Alexandria juga merupakan salah satu nama kota yang paling terkenal di dunia.

Di sepanjang kota Alexandria, sahabat akan disuguhkan pemandangan laut lepas Medeterania. Desiran ombak dan hembusan angin pantai membuat kota ini jadi pilihan tepat untuk menikmati waktu senja.

 

Tak hanya laut Medeterania yang menjadi suguhan indah dan bersejarah di Alexandria, ada banyak tempat lainnya yang juga menyimpan kisah- kisah sejarah di sana.

Di antaranya:

  1. Perpustakaan Iskandaria atau Bibliotheca Alexandria

Perpustakaan ini didirikan oleh Alexander Agung pada tahun 228 SM dan mengoleksi kurang lebih 500.000 manuskrip. Namun sayangnya, semua manuskrip ini hangus terbakar pada tahun 45 SM. Ya, Perpustakaan ini pernah dibakar oleh pasukan Julius Kaisar. Tapi, Mark Antonio yang datang setelah Julius Kaisar, menghadiahkan 200.000 manuskrip kepada Cleopatra.

Dan Untuk kedua kalinya, pada tahun 391 M, perpustakaan ini hancur akibat dari serangan pasukan Romawi kala itu. Bahkan patung dan arca yang terdapat di dalam bangunanpun lebur tak tersisa.

Kini, perpustakaan ini kembali kokoh berdiri dengan bentuk arsitektur  modern nan unik, berbentuk setengah matahari terbit. Di depan halaman tersebut ada patung Alexandre the Great. Bangunan ini dibangun pada 1990 -2002 atas prakarsa pemerintah Mesir dengan UNESCO . pembangunan ini, mengabiskan dana sebesar USD 220 juta.

Hal unik lainnya pada bangunan ini , ada pada salah satu dindingnya. Ya, di sana terdapat huruf huruf dari berbagai bahasa di dunia. Penasarankan???

  1. Taman Montaza dan Istana Raja Faruq

    Tempat ini adalah tempat peristirahatan raja –raja sebelum revolusi 1952. Taman ini terletak di tepi Laut Tengah dengan berbagai jenis bunga dan tanaman. Di dalam taman ini juga terdapat Istana Raja Faruq yang megah, terletak di tempat tertinggi dan menghadap ke laut.

Taman montaza ini enak loh sahabat untuk menikmati pantai di musim panas. Apalagi gelar tiker bersama keluarga dan sahabat terdekat.

  1. Benteng Qaut Bey

Jika Taman Montaza terletak di bagian ujung Timur Alexandria. Maka, Benteng Qait Bey,ada dibagian Barat Alexandria. Benteng ini merupakan benteng pertahanan untuk melindungi kota Iskandaria dari serangan luar. Benteng ini di bangun oleh Sultan Qait Bey, salah seorang sultan dari Dinasti Mamluk, pada tahun 1472 M. Luas keseluruhan benteng ini adalah dua hektar.

Terakhir kali saat mimin kunjungan ke sana , di dalam benteng ini tak hanya ada artefak peninggalan  dulu kala, tapi juga ada museum faunanya. Tersaji disana jenis jenis fauna yang berada di laut Mediterania.

  1. The Roman Theatre of Alexandria

Jika di Turki, tepatnya di Aegean Turki, ada kawasan yang pernah menjadi pusat kekuasaan Romawi dan Yunani dan menyisakan banyak peninggalan- peninggalan Yunani dan Romawi.

Tau nggak sih, kalau di Alexandria juga ada loh sisa- sisa peninggalan Romawi, ialah the Roman Theatre of Alexandria atau dalam sebutan lokal al Masrah al Romani. Memang bangunan teater Romawi di sini tak sebesar bangunan teater di Selcuk Turki.  Tapi yang terpenting, kita bisa tapak tilas sedikit peradaban Romawi di sini.

  1. Makam Nabi Daniyal Dan Lukmanul Hakim

Mungkin sahabat belum pernah dengar nama  nabi Daniyal, bahkan tak satu pun dari ayat Qura’an yang menyebutkan namanya. Tapi ingatkah sahabat? jika Allah berfirman dalam surat An-Nisa ayat 164 yang Berbunyi:

Dan (Kami telah mengutus) Rosul-Rosul yang telah Kami ceritakan tentang mereka kepadamu ,dan Rasul-Rasul yang tidak Kami ceritakan tentang mereka kepadamu.”

Yup ini berarti kita harus mempercayai, jika ada Rosul yang tidak Allah ceritakan di dalam al-Quran, salah satu di antara Rosul yang tidak ada di dalam al-Quran adalah Nabi Daniyal. Seorang nabi, yang diUtus oleh Allah kepada Kaum Bani Israil.

Berbeda dengan Nabi Daniyal yang tak terdapat di dalam Al-Quran. Nama Lukmnul Hakim yang bukan seorang Rosul justru tertera di sana. Bahkan namanya diabadikan sebagai nama dari salah satu surat di dalam AlQuran. Ya .. itulah surat al Luqman.

Taukah sahabat? jika makam keduanya, ada di Alexandria. Yup kedua makam (Nabi Daniyal dan Lukmanul Hakil) ada di Alexandria, dan letaknya pun dalam satu ruang yang sama di bawah bangunan salah satu Masjid Alexandria.

Demikianlah, jalan jalan singkat kita di Alexandria, meski masih dalam angan.. semoga nanti kita bisa beneran jalan jalan dan napak tilas peradaban di kota Mediterania.